Tips Trading Saham bagi Pemula


Tips Trader Saham Pemula

Artikel berikut berkaitan dengan Tips Trading saham bagi pemula.

Mengenal Investasi

Investasi bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan saat ini. Setiap orang dapat melakukannya dimana saja. Dirumah, dikantor dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah online trading. banyak sekuritas yang sudah menyediakan layanan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) dengan nominal yang sangat minim. Bahkan sekarang kita dapat memulai berinvestasi di reksadana dengan hanya modal Rp. 10.000 (Sepuluh ribu). Ya, hanya dengan modal sepuluh ribu. Menarik bukan?

Tips Trader Saham Pemula

Lihat Juga : Mengenal Reksa Dana dan Jenis-Jenisnya

Menarik untuk di renungkan Quote seorang Pakar saham terkenal di dunia yang mengatakan bahwa

‘Never depends on single income. Make Investment to creat second resource’ (Warren Buffett)

Quote tersebut memiliki makna yang jelas bahwa Anda tidak boleh terlalu berharap pada satu pendapatan saja, Berinvestasi lah untuk menciptakan pendapatan kedua. Jika Anda tidak mengetahui cara menghasilkan uang saat Anda Tidur, maka anda akan bekerja sampai akhir hayat.

Tips Trading Bagi Pemula

Berikut ini 4 Tips yang dapat Anda lakukan sebagai Trader pemula yang akan terjun di pasar modal.

Tips Trading saham 1. Tentukan Indeks Saham yang Tepat Bagi Anda

Saat ini terdapat ratusan Saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari keseluruhan saham yang diperdagangkan, terdapat 22 jenis indeks saham yang tercatat. Silahkan Kenali jenis-jenis yang umum digunakan pemain saham. Berikut ini tiga contoh index yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  1. LQ45 merupakan indeks pasar saham di bursa efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan
  2. IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas paling tinggi.
  3. IDX Techno adalah kumpulan saham di bidang teknologi yang terdaftar

Lihat Juga : 

Tips Trading saham 2. Pilihlah Sekuritas (Broker) yang Terbaik Bagi Anda

Saat ini terdapat banyak Sekuritas baik yang dimiliki oleh pemerintah (BUMN), Swasta maupun Asing. Ketika membeli dan menjual saham, Anda akan menggunakan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham yang mewajibkan biaya untuk setiap transaksi.
Pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya lebih rendah, misalnya 0,20% dari jumlah pembelian saham. Ini agar keuntungan lebih optimal dan untuk memastikan cara trading saham Anda lebih sempurna.

Tips Trading Saham 3. Rencanakan Jangka Waktu Trading Saham Anda

Secara umum, terdapat dua cara trading saham berdasarkan periode nya, yaitu Jangka Panjang dan Jangka Pendek. Berikut Penjelasannya.
  1. Periode Trading jangka pendek, risiko kerugian memang lebih besar, namun ada peluang profit bisa didapatkan lebih cepat. Trading dengan periode ini bisa dalam waktu harian maupun mingguan
  2. Periode Trading Jangka Panjang. Periode ini terdapat peluang profit yang lebih besar bisa dapatkan bila trading saham dalam jangka panjang. Dengan catatan bahwa saham tersebut memiliki reputasi dan fundamental serta kinerja yang baik. Trading pada masa jangka panjang bisa dalam bulanan maupun tahunan.

Tips Trading Saham 4. Trading lah dengan Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam trading. Segala cara trading saham tidak akan efektif apabila tidak disertai kesabaran. Sebagai pemula, Anda disarankan menggunakan modal yang kecil dan meningkatkan jumlahnya seiring bertambahnya pemahaman Anda.

Penutup

Sangat logis jika seorang berpikir untuk mendapatkan keuntungan yang maka belilah saham pada saat murah dan jual pada saat mahal. namun untuk mengetahui titik masuk (entry poin) dan titik keluar (exit poin) Anda perlu belajar lebih dalam dalam analisa teknikal. Yang Pasti Anda perlu melihat jeli ketika peluang itu datang

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terbaru

Arsip