Mengenal Istilah Gaps Pada Saham

Gaps pada saham

Bagi Anda yang baru mengenal dunia Saham, berikut informasi berkaitan dengan Gaps pada saham dan mengapa Gaps bisa terjadi. Selamat membaca.

Apa itu Gaps Pada saham?

Jika Anda seorang Trader saham tentu Anda sudah mengetahui istilah Gaps pada saham. Namun bagi seorang Pemula, tentu bertanya apa itu sebenarnya Gaps. Berikut penjelasannya.

Gaps adalah celah kosong di dalam charts yang timbul akibat adanya lonjakan harga yang terjadi karena “tidak adanya transaksi” pada level harga tersebut. Lonjakan harga ini bisa naik dan bisa turun. (Investing.com)

Gaps terdiri dari dua jenis Jika chartnya naik namanya gap up dan jika turun namanya gap down, Beriktu ini penjelasannya.

  • Gap up berarti terjadinya sebuah lonjakan pada harga pembukaan sesi berikutnya sehingga terdapat kesenjangan dengan harga tertinggi pada sesi sebelumnya. Terjadinya sebuah Gap up menunjukkan adanya demand yang tinggi dari market yang bisa Anda lihat dari volume transaksi yang meningkat drastis.
  • Gap down berarti kebalikan dari gap up. Lonjakan yang terjadi ketika harga pembukaan hari berikutnya lebih rendah daripada harga terendah pada sesi sebelumnya.

Lihat Juga : Mengenal Saham (Stock) Serta Untung Ruginya

Mari Kita simak contoh saham PT. Bukit Asam dengan Kode saham PTBA. Pada tanggal 22 Oktober 2021, Saham PTBA ditutup di harga Rp. 2.670/lembar nya, namun pada tanggal senin 25 Oktober 2021, saham PTBA di buka pada harga Rp. 2.840/lembar saham. Artinya terjadi Gap Up pada pembukaan saham PTBA di hari senin 25 Oktober 2021. Berikutnya Pada Rabu, 27 Oktober 2021 Saham PTBA ditutup pada harga Rp. 2780/lembar dan pada kamis, 28 Oktober 2021 dibuka pada harga 2780 / perlembarnya dan kejadian ini disebut Gap down

Gaps pada saham

Lihat Juga : Daftar Saham yang termasuk dalam Index LQ 45 Tahun 2021

Mengapa bisa terjadi Gaps Pada Saham?

Pertanyaan berikutnya bagi Anda yang ingin menjadi seorang Trader adalah mengapa bisa harga bisa loncat membentuk celah kosong atau gap? Berikut ini faktor umum yang menyebabkan terjadinya Gaps tersebut

  • Adanya transaksi order beli / jual (bid dan sell) dalam jumlah besar saat di luar waktu perdagangan normal. (Perdagangan Normal saat ini dibuka pada jam 9.00 pagi dan ditutup pada jam 15.00 sore).
  • Faktor likuiditas yang kecil pada emiten tersebut,
  • Rilis nya laporan keuangan emiten dan Earning,
  • Upgrade maupun downgrade rating sebuah saham,
  • Masuk/keluarnya saham tersebut dari sebuah index dan
  • Adanya isu / kabar yang begitu berdampak signifikan terhadap harga saham.

Lihat Juga : IDX30 dan IDX Techno : Saham “Potensial” Untuk Cuan

Apa Makna dari Gaps terhadap Harga Saham?

Jika terjadi Gaps pada saham baik Gap down maupun Gap Up, akan ter konfirmasi beberapa kondisi. Bagi Anda seorang Trader, mari mengenal prediksi yang akan terjadi jika Gaps ini muncul.

Run away gap

  1. Common Gap. Gap ini merupakan gap yang sering terjadi dan paling sering muncul. Biasanya tidak akan berdampak terlalu signifikan terhadap pergerakan harga. Gap ini Mudah dikenali dan tidak didukung oleh gejolak volume yang signifikan. Pada umumnya gap ini akan tertutup dalam waktu yang relatif cepat.
  2. Break away Gap. Untuk Gap yang satu ini merupakan gap favorit para trader yang suka membeli saham ketika breakout resisten. Ketika breakout disertai dengan gap ini biasanya harga akan terbang. Gap ini biasanya diawasi sebagai sinyal bullish/bearish untuk harga semakin rally. Umumnya break away gap didukung oleh volume yang signifikan
  3. Run away Gap. Jenis Gap yang satu ini biasanya muncul di tengah trend yang sedang berlangsung baik uptrend maupun downtrend. Pertanda pertanda arah trend akan terus berlanjut. Volume pada run away gap idealnya harus meningkat secara signifikan. Sebagai seorang trader jika Anda melihat runaway gap up silakan hold saham Anda karena harga saham akan terus menguat
  4. Exhaustion Gap. Jenis gap yang terakhir adalah Exhaustion Gap. Gap ini akan menunjukkan tanda kelelahan setelah terjadinya rally panjang dan mendekati klimaks dari sebuah pergerakan, gap ini menunjukkan minat pasar yang semakin berkurang terhadap saham tersebut dalam sebuah trend yang berlangsung, yang mengakibatkan trend berbalik arah. Sebagai seorang Trader jika gap ini muncul Anda boleh bersiap – siap untuk take profit, karena setelah gap ini muncul yang akan terjadi adalah harga akan berbalik arah.

Penutup

Demikian Informasi yang berkaitan dengan Gaps pada saham. Semoga dapat membantu para Trader pemula yang ingin mengetahui istilah-istilah pada saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post