Mengenal Exchange Traded Fund (ETF)

Exchange Treded Fund (ETF)

Pada artikel berikut kita akan membahas tentang Exchange Traded Fund (ETF), yaitu Reksa dana yang dapat diperdagangkan. Selamat membaca

Apa Itu Exchange Traded Fund (ETF)?

Exchange Traded Fund adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. ETF pada dasarnya adalah termasuk kelompok reksa dana. ETF merupakan produk reksa dana yang dapat diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek. Pada dasarnya ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

Lihat Juga : Mengenal Reksa Dana dan Jenis-Jenisnya

Reksa Dana ETF adalah Reksa Dana yang kinerjanya mengacu pada indeks tertentu dan diperjualbelikan layaknya seperti saham di bursa yang dapat dicermati pergerakannya.

ETF ditujukan untuk memperoleh hasil investasi selayaknya bahkan outperform market return. Oleh karena itu, yang menjadi acuan dari produk ini adalah market indeks. Terkait manfaat, risiko, dan kewajiban relatif sama dengan produk atau jenis Reksa Dana lainnya.

Perbedaannya adalah bahwa Reksa Dana ETF dapat dibeli melalui Perusahaan Efek (Broker) yang terdaftar di Bursa Efek dan bukan dari Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Sejarah Exchange Traded Fund (ETF)

Exchange Traded Fund pada awalnya dimulai di negara Kanada pada tahun 1990 di bursa efek Toronto kemudian menyebar negara Amerika Utara lainnya, yaitu Amerika Serikat pada tahun 1993 dan kemudian menyebar luas ke Eropa dengan dimulai pada tahun 1999. Di Indonesia sendiri ETF mulai ada pada tanggal 18 Desember 2007 dengan reksa dana indeks dimana indeks yang dijadikan underlying adalah Indeks LQ 45.

Jenis – Jenis ETF

Berikut ini beberapa ETF yang diperdagangkan di Bursa Efek.

  1. Indeks merupakan ETF yang mencoba untuk mengikuti indeks dari pasar saham, seperti mengulangi, melengkapi, atau disimpan dalam portofolio sebagai representatif dari sekuritas yang ada di indeks.
  2. Obligasi adalah ETF yang melakukan investasi pada obligasi, digunakan untuk memberikan pendapatan tetap bagi para investor.
  3. Komoditas adalah dana investasi yang melacak kinerja indeks dasar dari suatu aset atau komoditas
  4. Mata uang asing  merupakan ETF yang dirancang untuk melacak kinerja mata uang asing terhadap dolar AS atau sekumpulan mata uang.

Dimana Kita dapat Membeli ETF?

Transaksi ETF dilakukan di pasar perdana dan pasar sekunder. Pasar Perdana adalah pasar dimana efek-efek diperdagangkan untuk pertama kalinya, sebelum dicatatkan di Bursa Efek.

Saham ETF untuk pertama kalinya ditawarkan kepada investor oleh pihak Penjamin Emisi melalui Perantara Pedagang Efek (BrokerDealer) yang bertindak sebagai Agen Penjual Saham. Sedangkan pasar sekunder adalah pasar dimana efek-efek yang telah dicatatkan di bursa Efek diperjual belikan.

Pasar Sekunder memberikan kesempatan kepada para investor untuk membeli atau menjual efek-efek yang tercatat di Bursa, setelah terlaksananya penawaran perdana. Di pasar ini, efek-efek diperdagangkan dari satu investor kepada investor lainnya. (Sumber)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post