Mengenal Candle Marubozu

Candle Marabozu

Dalam artikel berikut akan dijelaskan hal yang berkaitan dengan Candle Marubozu serta serta contohnya dalam sebuah aset kripto, saham, komoditas ataupun Instrumen keuangan lainnya. Selamat membaca.

Apa itu Candle Marubozu

Candle Marubozu merupakan salah satu pola dalam candlestick yang digunakan untuk analisis teknis sebuah aset kripto, saham, komoditas (Seperti emas, batubara, timah, minyak Bumi, Crude Palm Oil (CPO), dll), atau instrumen keuangan lain. Bagi Anda yang sering berkutat didunia trading maupun investing, pasti sudah tidak asing melihat berbagai jenis chart yang terjadi akibat permintaan dan penawaran di sebuah saham. Anda akan disuguhkan sebuah grafik bernama candlestick chart. Salah satu jenis chart yang mungkin akan muncul adalah candle jenis Marabozu.

Apa ciri ciri candle Marabozu?

Berikut ini beberapa ciri – ciri sebuah candle yang di identifikasi sebagai Candle Marabozu

  • Candel jenis ini memiliki body candle yang sangat panjang serta harga penutupan (Close) dan harga pembukaan (Open) biasanya memiliki jarak yang cukup jauh.
  • Pola ini tidak memiliki upper dan head shadow, yang berarti bahwa harga sebuah aset dibuka pada titik tertinggi dan akan ditutup di titik terendah, begitu juga dengan sebaliknya.
Candle Marabozu

Candle Marabozu Pada saham BAUT (Sumber : Tradingview)

Lihat Juga :

Apa Saja Jenis-jenis candle Marubozu

Berikut ini jenis-jenis candle marabozu yang kita kenal untuk para pencinta technical analyst

Marubozu full

Marubozu full memiliki ciri harga buka dan tutup yang flat dan tanpa sumbu atau bayangan (Shadow) pada seluruh pola candlestick. Pola ini hanya berbentuk persegi panjang berwarna merah yang berarti bearish atau hijau yang artinya bullish. Contohnya dapat kita lihat gambar di atas pada saham Mitra Angkasa Sejahtera (BAUT).

Marubozu Full

Marubozu open

Pola canlde ini dapat dikenali dari pembukaan yang rata dan penutupan pada arah yang berlawanan. Marubozu open menggambarkan bahwa aset hanya bergerak ke satu arah sejak periode pembukaan. Jika pola candle Marubozu berwarna merah, hal ini menandakan bahwa harga tidak pernah mengalami kenaikan sejak pembukaan. Sebaliknya, jika pola berwarna hijau, berarti harga tidak pernah mengalami penurunan. Tidak seperti pola Marubozu full, pola Marubozu open bisa memiliki shadow atau bayangan.

Marubozu Open

Marubozu close

Pola Marubozu close adalah kebalikan dari Marubozu open. Pola ini tidak memiliki bayangan saat penutupan harga. Hal ini menunjukkan bahwa harga mungkin bergerak ke satu arah saat harga pembukaan, kemudian bergerak ke arah berlawanan tanpa ada kenaikan lagi. Pola seperti ini akan menunjukkan shadow di bagian atas.

Marubozu Close

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post