Friday, 05 March, 2021

Informasi Penerima Kartu Prakerja 2021


Program Kartu Prakerja

Bagi Anda yang ingin belum berhasil mengikuti program pra kerja tahun ini, berikut ini informasi penerima Kartu Pra Kerja Tahun 2021. Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan (wikipedia)

Dari catatannya, Program Kartu Prakerja sejak dibuka hingga awal bulan ini terdapat 43 juta orang pendaftar. Sebanyak hampir 100 persen para peserta mendaftar secara mandiri di situs Resminya (sumber : disini).

Manfaat kartu Pra Kerja

Seperti yang dikutip dari sumber, bahwa bengan meluncurkan program ini, pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi melalui kartu prakerja seperti:

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  2. Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong keberkerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Besaran Dana Kartu Prakerja

Kartu Pra Kerja

Melalui program kartu prakerja ini, peserta yang mendaftar juga akan mendapatkan uang. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp3.550.000 dengan bentuk terdiri atas:

  1. Biaya untuk pelatihan pengembangan keterampilan sebesar Rp1.000.000
  2.  Dana Insentif pasca pelatihan sebesar Rp2.400.000 yang dicairkan sebesar 600.000/bulan selama 4 bulan,
  3. Insentif mengikuti survei dengan total Rp150.000.

Lihat Juga : Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

Infromasi Penerima Program Kartu Prakerja 2021

Kartu Prakerja

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan bahwa Sejak dimulai program Kartu Prakerja, respons dan antusiasme masyarakat sangat tinggi. (Dalam webinar yang dilaksanakan pada hari selasa, 3 November 2020).
Selanjutnya Ia mengatakan bahwa angka pendaftar Kartu Prakerja ini mencapai hampir delapan kali lipat lebih besar dari kuota peserta yang telah ditargetkan pemerintah. Berdasarkan rancangannya, pemerintah hanya menjaring 5,6 juta peserta dengan nilai bantuan Rp 20 triliun.

Baca Juga : Apa itu Cryptocurrency dan Apa Jenisnya

Sebagai salah satu solusi, Rudy mengatakan bahwa pemerintah akan membuka kembali program Kartu Prakerja pada 2021. Hal ini untuk menampung tingginya minat masyarakat. Adapun Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan penerima program tersebut pada tahun mendatang tidak akan sama dengan tahun ini.

(sumber)

 

loading...

0 comments on “Informasi Penerima Kartu Prakerja 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *